Kamis, 19 Maret 2020

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI PADA WEBSITE PDDIKTI



MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI Pada website pddikti


MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

APA ITU MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI

Manajemen layanan teknologi informasi (Information Technology Servide Management (ITSM)), yaitu metode pengelolaan sistem teknologi informasi yang terpusat pada perspektif konsumen layanan teknologi informasi terhadap bisnis perusahaan. Pada saat sekarang ini, banyak perusahaan yang menggunakan ITSM itu untuk menunjang usaha mereka agar lebih baik lagi. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan yang baik tentang memanajemen layanan teknologi informasi itu sendiri.

Manajemen layanan teknologi informasi ini dibutuhkan hampir disemua pihak baik itu user individual, user manajemen, unit non TI ataupun manajemen paling atas. Dalam hal ini, user individual adalah pegawai yang harus dilayani oleh unit TI. Oleh karena itu perusahaan harus bisa menentukan siapa saja yang berhak mendapatkan pelayanan dari unit TI tersebut. Misalnya saja unit penjualan mendapatkan layanan payroll. Namun ia hanya terbatas untuk mengetahui besar payroll yang dibayarkan kepada dia saja, tanpa dia bisa mengetahui gaji ataupun fitur lain dari pegawai lain karena untuk yang itu hanya dikuasai oleh HRD. Untuk itu, keperluan TI dipilih-pilih sesua kebutuhannya saja. Beberapa layanan TI yang digunakan seperti penggunaan komputer,print-sharing,internet maupun software bisnis tertentu.

Setelah kita mengetahui pengertian diatas, untuk selanjutnya saya akan mengulas Manajemen layanan teknologi informasi pada website http://pddikti.ristekdikti.go.id/

 

Website PDDIKTI

logo


PDDikti merupakan kumpulan data penyelenggaraan pendidikan tinggi seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Sebagaimana dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 61 Tahun 2016, fungsi dari PDDikti yaitu sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional. Pergerakan PDDikti dalam mengumpulkan fakta mengenai penyelenggaraan pendidikan tinggi akan dimanfaatkan untuk pembangunan pendidikan tinggi.

Website PDDIKTI dapat diakses umum melalui domain pddikti.ristekdikti.go.id , dengan tampilan visual baru dan akan memberikan pengalaman baru dalam pencarian data. Tidak hanya itu, pengguna data juga akan difasilitasi dengan berbagai fitur baru seperti peta digital, perbandingan antar Perguruan Tinggi, profil PDDikti, FAQ, gallery serta penyajian data statistik yang lebih lengkap dan konsisten.

Dengan website ini kita dapat mengetahui data-data Dosen, Mahasiswa, Jurusan, Institusi, akreditasi di akui dan data tercatat pada Direktorat Pendidikan Tinggi atau yang lebih akrab di sebut PDDIKTI.

Halaman Utama (Homepage) :



Tampilan halaman utama yang sederhana namun dengan tampilan yang cukup informatif dan manarik, terdapat kolom pencarian untuk melihat validasi data atau keterangan dari nama Institusi, Dosen, Mahaiswa, Nomor Pokok Mahasiswa, Jurusan dan kata kunci lainya yang berhubugan dengan data PDDIKTI.

Dibawahnya ada form pencarian yang lebih mendetail kategori untuk pencarian datanya, seperti Keyword, Akreditasi, Provinsi, Jenis, Status, Lingkup Koordinasi dan sebagainya. Selain itu ada juga kabar pengumuman terbaru dari PDDIKTI, postigan artikel dan video terbaru PDDIKTI.


Bagian Menu-Bar pada Header :


Pada Header terdapat berbagai Menu Bar serta Sub Menu dengan berbagai macam dan fungsinya masing-masing yang tentunya sangat informatif, Berikut akan saya sertakan beberapa menu-menu yang terdapat dalam web PDDIKTI.

1. Tentang PDDIKTI


  • Kata Sambutan
Kata sambutan dari kepala pusat data Iptek Dikti

  • Struktur Organisasi

Struktur organisasi dalam PDDIKTI

  • Sejarah PDDIKTI
Sejarah awal dibentuknya PDDIKTI

  • Roadmap PDDIKTI
Jalur / skema kerja dan pelayanan PDDIKTI

  • Standar Pelayanan PDDIKTI


Standar pelayanan yang terdapat dalam PDDIKTI

  • Regulasi


Regulasi-regulasi PDDIKTI yang dapat diunduh

  • Alur Pelaporan

Alur pelaporan PDDIKTI

  • Info Terkini
Info-info terbaru dari PDDIKTI

  • Link Terkait
Berbagai situs terkait dengan PDDIKTI

  • FAQ

Pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan serta jawabannya




2. Statistik

Pada menu ini terdapat beberapa sub menu yang menampilkan statistik pada data-data yang tersedia di PDDIKTI

  • Perbandingan
Dapat memandingkan data antara Universitas/Institusi atau memandingkan program studi

  • Mahasiswa
Data statistik Mahasiswa seluruh Indonesia

  • Dosen
Data statistik Dosen seluruh Indonesia

  • Program Studi
Data statistik Program Studi seluruh Indonesia

  • Perguruan Tinggi
Data statistik Perguruan Tinggi seluruh Indonesia


3. Publikasi

Daftar Pulikasi

4. Kontak
Kontak PDDIKTI yang dapat dihubungi

5. Login


Sistem login khusus. Pada sistem login akun ini, tidak bisa sembaang orang mempunyai akun. Hanya bagian sistem, admin, institusi dsb. yang dapat login.


Bagian pada Footer




Pada bagian Footer terdapat info-info yang cukup lengkap, seperti terdapat alamat pusat PDDIKTI, link terkait PDDIKTI, layanan-layanan pendukung serta Newsletter untuk berlangganan berita / info terbaru dari PDDIKTI via email.

Kesimpulan

Demikian beberapa review manajemen layanan sistem informasi pada website PDDIKTI. Menurut saya website ini sudah sangat membantu masyarakat khususnya mahasiswa, dosen, staff, pelajar atau lainnya dalam mencari atau sekedar mendapat informasi mengenai data-data akademik, institusi dan info-info lingkup perguruan tinggi. Berbagai menu dan layanan serta penyajian data yang informatif yang ada di dalamnya sudah cukup jelas. Dengan begitu, para jika kita igin mengetahui status, akreditasi, informasi tentang institusi, mahasiswa dan dosen dapat mudah dicari dalam website PDDIKTI ini.

Kesimpulannya adalah, Manajemen Layanan Sistem Informasi ini sangatlah penting bagi setiap perusahaan, institusi pemerintahan, pelayanan publik dan lain sebagainya, karena tanpa adanya sistem ini informasi yang seharusnya dapat tersampaikan kepada masyarakat tidak akan bisa tersampaikan dengan baik. Sehingga masyarakat menjadi bingung, ragu dan/atau tidak tahu apa yang akan mereka lakukan dan menggunakan layanan online pada website yang dituju.

Sekian penulisan dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi para pembaca blog ini. Kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih.









referensi :




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

This my blog, happy reading

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

UNIVERSITAS GUNADARMA

Pengikut